Selasa, 15 Januari 2013

ARM mengumumkan prosesor mobile pertama multicore - Cortex-A5



22 Oktober 2009 | Komentar (40) | Kirim komentar Anda
Tags: Lain-lain

ARM baru saja meluncurkan ARM Cortex-A5 MPCore prosesor - prosesor multicore pertama mereka ditujukan untuk penggunaan di perangkat mobile. Menurut perusahaan ini adalah prosesor terkecil dan paling hemat daya multicore yang mampu memberikan kinerja yang dibutuhkan untuk smartphone dan manufaktur murah yang diinginkan untuk rendah-biaya perangkat.
ARM Cortex-A5 gamma menampilkan berbagai CPU - dari uniprocessor hemat energi (yang kita bayangkan akan biaya uang untuk memproduksi) untuk sampai dengan 4-core prosesor (yang harus digunakan pada high-end powerhouses multimedia).
Rentang baru prosesor harus memberikan kinerja yang jauh lebih baik daripada ARM11 pendahulunya, sementara masih pas dalam ukuran ARM9 unit. Pada saat yang sama multi-core ARM Cortex-A5 harus hampir dua kali lipat daya yang efisien, yang mungkin harus memiliki cukup berpengaruh pada daya tahan baterai perangkat mobile. ARM11 adalah platform perangkat keras yang cukup populer untuk smartphone Symbian banyak. Bahkan pertama dua generasi iPhone Apple menggunakan ARM11 core.
ARM menyatakan bahwa baru Cortex-A5 sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi yang lebih tua Cortex-A8 dan A9 Cortex-prosesor (saat ini digunakan di perangkat populer seperti Sony Ericsson Satio, Nokia N900, Samsung Omnia HD, 3GS iPhone dan Palm Pre), yang berarti harus bergaul dengan sempurna with0 platform semua perangkat lunak seperti Android, Symbian, Windows Mobile, dll Kami belum melihat namun jika semua platform akan mampu memanfaatkan arsitektur multi-core secara penuh.
Prosesor Cortex-A5 sekarang tersedia untuk lisensi umum, dan pengiriman akan dimulai pada Q4 tahun 2009. Itu berarti bahwa kita mungkin akan melihat prototipe pertama memanfaatkan itu di Kongres GSM berikutnya pada bulan Februari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar